Senin, 11 Februari 2013

Hubungan Dewata Nawa Sanga dengan Bhuana Agung dan Bhuana Alit

Dewata Nawasanga adalah sembilan dewa atau manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang menguasai sembilan penjuru mata angin. Sembilan dewa itu adalah Dewa Wisnu, Sambhu, Iswara, Maheswara, Brahma, Rudra, Mahadewa, Sangkara, dan Siwa. Bhuana Agung ialah alam semesta ini sedangkan Bhuana Alit ialah diri manusia itu sendiri. Dari penjelasan tersebut, maka hubungan Dewata Nawa Sanga dengan Bhuana Agung dan Bhuana Alit ialah sebagai berikut:

1. Dewa Wisnu ialah dewa pemelihara alam semesta ini. Dewa Wisnu berkedudukan di arah utara, aksaranya ang, senjatanya cakra, warnanya hitam, uripnya 4, panca waranya wage, sapta waranya soma, saktinya Dewi Sri, wahananya garuda dan dewa wisnu di puja di pura batur. Dewa Wisnu kaitannya dengan Bhuana Agung disimbolkan air dan dalam Bhuana Alit disimbolkan dengan empedu.

2. Dewa Sambhu bekedudukan di arah Timur Laut, aksaranya wang, senjatanya trisula, warna biru/abu-abu, uripnya 6, sapta waranya sukra, saktinya Dewi Mahadewi, wahananya wilmana dan Dewa Sambhu di puja di pura besakih. Dewa Sambhu kaitannya dengan Bhuana Agung disimbolkan awan tebal dan dalam Bhuana Alit disimbolkan dengan jaringan.

3. Dewa Iswara berkedudukan di arah timur, aksaranya sang, senjatanya bajra, warnanya putih, uripnya 5, panca waranya umanis, sapta waranya redite, saktinya Dewi Uma, wahananya gajah putih dan beliau di puja di pura lempuyang. Dewa Iswara kaitannya dengan Bhuana Agung disimbolkan angin dan dalam Bhuana Alit disimbolkan dengan jantung.

4. Dewa Maheswara berkedudukan di arah tenggara, aksaranya nang, senjatanya dupa, warnanya dadu/merah muda, uripnya 8, sapta waranya wrhaspati, saktinya Dewi Laksmi, wahananya merak dan beliau di puja di pura goa lawah. Dewa Maheswara kaitannya dengan Bhuana Agung disimbolkan awan tipis dan dalam Bhuana Alit disimbolkan dengan paru-paru.

5. Dewa Brahma adalah dewa pencipta yang berkedudukan di arah selatan, aksaranya bang, enjatanya gada, warnanya merah, uripnya 9, panca waranya paing, sapta waranya saniscara, saktinya Dewi Saraswati, wahananya angsa dan beliau di puja di pura andakasa. Dewa Brahma kaitannya dengan Bhuana Agung disimbolkan api dan dalam Bhuana Alit disimbolkan dengan hati.

6. Dewa Rudra berkedudukan di arah barat daya, aksaranya mang, senjatanya moksala, warnanya jingga, uripnya 3, sapta waranya anggara, saktinya Dewi Samadhi, wahananya kerbau putih dan beliau di puja di pura uluwatu. Dewa Rudra kaitannya dengan Bhuana Agung disimbolkan halilintar dan dalam Bhuana Alit disimbolkan dengan usus.

7. Dewa Mahadewa berkedudukan di arah barat, aksaranya tang, senjatanya naga pasa, warnanya kuning, uripnya 7, panca waranya pon, sapta waranya buda, saktinya Dewi Sanci, wahananya naga dan beliau di puja di pura batukaru. Dewa Mahadewa kaitannya dengan Bhuana Agung disimbolkan kabut dan dalam Bhuana Alit disimbolkan dengan dubur.

8. Dewa Sangkara berkedudukan di arah barat laut, aksaranya sing, senjatanya angkus, warnanya hijau/welis, uripnya 1, sapta waranya sukra, saktinya dewi rodri, wahananya singa dan beliau di puja di pura puncak mangu. Dewa Sangkara kaitannya dengan Bhuana Agung disimbolkan mendung dan dalam Bhuana Alit disimbolkan dengan limpa.

9. Dewa Siwa adalah dewa pelebur yang berkedudukan di arah tengah, aksaranya ing/yang, senjatanya padma, warnanya panca warna, uripnya 8, panca waranya kliwon, saktinya Dewi Durga, wahananya lembu dan beliau di puja di pura besakih. Dewa Siwa kaitannya dengan Bhuana Agung disimbolkan topan dan dalam Bhuana Alit disimbolkan dengan kerongkongan.

1 komentar so far

terima kasih informasi yang informatif ini...mau nanya...untuk Timur laut dan di Tengah...puranya sama yach? PURA BESAKIH? atau di tengah PURA PUSERING JAGAT? kalau memang sama pura Besakih, tolong dijelaskan mungguh ring napi, suksma


EmoticonEmoticon